Sabtu, 27 Februari 2010

SMS Penipuan menggunakan langsung nama salah satu OPERATOR seluler

AWA....S! PENIPUAN MODUS LAMA, hanya LEBIH di perCANGGIH.





SMS dengan format seperti berikut mungkin sdh sering anda terima/lihat
dari orang (bg pengguna Nokia) tanpa kata "Kolom....>>>>":











  Kolom 1 >>>>                    Poin Plus-Plus INDOSAT, mengucapkan selamat

  Kolom 1 >>>>                    anda men-dpt hadiah Rp 25 juta utk info Hub Call

  Kolom 1 >>>>                    Center, 021-36477555 -  021-36477666 Terima kasih.





  Kolom 2 >>>>                    Pengirim:

  Kolom 2 >>>>                    Indosat



  Kolom 2 >>>>                    Waktu:

  Kolom 2 >>>>                    25 Feb 10  06.12.34









   Kolom 3 >>>>                   Pengirim:

   Kolom 3 >>>>                   +6281312345678



   Kolom 3 >>>>                   Waktu:

   Kolom 3 >>>>                   26/02/10       06.12.34











Klo pengguna HP Jadul Seperti saya Siemen C45, formatnya seperti berikut:





 Kolom 4 >>>>                   25.02.10  06.50

 Kolom 5 >>>>                   +6281312345678

 Kolom 6 >>>>                   Poin Plus-Plus INDOSAT, mengucapkan selamat anda

 Kolom 6 >>>>                   men-dpt hadiah Rp 25
juta utk info Hub Call Center,

 Kolom 6 >>>>                   021-36477555 -  021-36477666 Terima
kasih.



 Kolom 7 >>>>                   Pengirim:

 Kolom 7 >>>>                   Indosat



  Kolom 8 >>>>                  Waktu:

  Kolom 8 >>>>                  27.02.10  06.12.









Penjelasan:





A. Pengguna HP Nokia:



1. Kata "Poin Plus-Plus" Kolom 1   s/d      kata "25 Feb 10  06.12.34" Kolom

    2 merupakan isi berita yg di tulis oleh pengirim.

2. Kata " Pengirim" Kolom 3   s/d    kata "26/02/10       06.12.34" kolom 3

    merupakan nomor Hp ASLI sipengirim.

3. Kata "Pengirim:Indosat" Kolom 2     s/d    kata "25 Feb 10  06.12.34" kolom 2

    sengaja ditulis pengirim (penipu) Untuk mengelabui spy seolah-olah kita merasa

    benar-benar SMS dari "Indosat". Pada hal pengirim yg ASLI adalah

    Kata "pengirim" pada kolom 3.





B. Pengguna HP Siemen C45 dll:



4. Kata "25 Feb 10  06.12.34" Kolom 4

    adalah Waktu (tanggal dan jam pengiriman SMS) ASLI.

5. Angka " +6281312345678" Kolom 5

    merupakan Nomor ASLI HP pengirim (PENIPU).

6. Kata "Pengirim:Indosat" Kolom 7     s/d    kata "27.02.10  06.12." kolom 8

    sengaja ditulis pengirim (penipu) Untuk mengelabui spy seolah-olah kita merasa

    benar-benar SMS dari "Indosat". Pada hal pengirim yg ASLI adalah

    Kata "+6281312345678" pada kolom 5.









Na...h, PENIPUAN MODUS LAMA, hanya LEBIH di perCANGGIH yg saya maksud
adalah seperti dibawah ini. SMS ini saya terima dengan menggunakan HP
jadul Siemen C45 hari Kamis 25 Feb 2010 pukul 05.50 pagi. Formatnya
seperti berikut ini (tanpa kata"kolom...>>>>"):







 Kolom   9 >>>>                 25 Feb 10  05.50.

 Kolom 10 >>>>                 INDOSAT

 Kolom 11 >>>>                 Poin Plus-Plus INDOSAT, mengucapkan selamat anda

 Kolom 11 >>>>                 men-dpt hadiah Rp 25
juta utk info Hub Call Center,

 Kolom 11 >>>>                 021-36477555 -  021-36477666 Terima
kasih.





Penjelasan:

7. Kata "25.02.10  05.50" Kolom 9

    adalah Waktu (tanggal dan jam pengiriman SMS) ASLI.

8. Angka "INDOSAT" Kolom 10

    merupakan Nomor/nama  ASLI pengirim (PENIPU).

9. Kata "Poin Plus-Plus" Kolom 11   s/d      kata "Terima kasih"

    merupakan isi berita yg di tulis oleh pengirim.







ANALISA saya:

1. Kata "INDOSAT" pada Kolom 10

    yang merupakan Nomor/nama  ASLI pengirim (PENIPU) ternyata "INDOSAT"

    PALSU yg langsung muncul dan BUKAN NOMOR HP BIASA seperti modus yang   

    lama-lama, sehingga saya sempat sangat terkejut bercampur rasa girang (senang)

    yang amat sangat (siapa yg ngga senang dapat uang 25juta ?), karena 

    saya tidak melihat ada nomor lain selain dari 2 nomor "Call Center" yg dia berikan

    pada isi SMS (kolom 11), maka merasa itu benar-benar SMS dari "Indosat".

2. Dia (penipu) sengaja mengirim pagi-pagi karena dengan harapan bahwa mungkin

    orang-orang (seperti Saya) yg masih tidur atau baru bangun saat membaca SMS

    seperti itu  karena masih berada diluar alam sadar/masih   

    loading/belum konec/belum nyambung/belum sadar/belum waras, akan mudah

    ter-perdaya.







TINDAKAN yg saya lakukan:





1. Saya hubungi Contact Center INDOSAT asli ke nomor "100"(tanpa tanda kutip).

    berikut ini adalah penggalan dialog saya dengan operator 1 INDOSAT:



    saya        : saya ingin konfirmasi, apakah nomor 021-36477555 -  021-36477666

                     (nomor call center yg di beri oleh penipu) adalah benar nomor resmi

                     INDOSAT?

    Operator  : Memangnya ada apa pak, ada yg bisa saya bantu?

    saya        : Bgini, barusan saya terima SMS dengan bunyi ....(saya critakan seperti

                     isi SMS pada kolom 10 dan 11).

    Operator  : O..bgini pak, abaikan saja SMS tersebut karena itu adalah penipuan.

                     Kalau Indosat akan memberikan hadiah, akan mengubungi melalui

                     surat langsung dan mengklaimnya ke galery-galery indosat.

    saya        : tapi ini pengirimnya dari Indosat loh?

    Operator  : iya, abaikan saja pak sebab sejauh ini kami belum dikabari bahwa ada

                     indosat memberikan hadiah-hadiah.

    saya        : jadi,itu nggak benar?

    Operator  : tidak benar..........(bla bla bla, dan seterusnya hingga ditutup).



2. Langka ke 2. Setelah itu saya coba hubungi Call Center yg dimaksud pd SMS tsb yaitu

    021-36477555 dan diterima oleh penipu yg mengaku bernama

    "Heru Purnomo". dan penggalan dialog saya dengan dia sbb:



    Heru        : dari indosat selamat pagi, dengan heru ada yg bs dibantu?

    saya        : pagi.

    Heru        : dengan bapak siapa saya bicara pak?

    saya        : saya Fatiasa Ziliwu

    Heru        : bisa sebutkan nomorHP nya pak Fatiasa?

    saya        : (saya sebut nomo HP saya)

    Heru        : OK ada yg bs saya bantu pak fatiasa?

    saya        : bgini pak, barusan menerima SMS...(saya critakan isi SMS Spt Kolom

                     10 dan 11)

    Heru        : oiya. benar pak itu adalah program dari Poin plus-plus yg lg

                     membagi-bagi hadiah untuk 10 orang setiap harinya. dan pak Fatiasa

                     adalah pemenang ke 2 hari ini. ini tidak membutuhkan meminta biaya

                     apapun juga tidak dikenakan pajak. dan caranya hadiah tersebut akan

                     langsung di transfer ke rekening bapak fatiasa.

    saya        : Trus,saya harus gimana pak?

    Heru        : Bapak hanya perlu melakukan registrasi melalui ATM bapak, Untuk

                     transfer, bapak punya rekening di bank apa?

   saya         : BCA

   Heru         : Bisa sebutkan nomor rekeningnya bapak fatiasa?

   saya         : (saya beri nomor rekening saya karena saya tau tidak/belum

                     berbahaya karena biasa orang mengumbar nomor rekening)

   Heru         : Ok, karena Hari ini akan ada penayangan pemenang di GTV (Global

                     TV) pada jam 11 siang maka kami perlu nomor KTP Bapak.

   saya          : (saya memberi saja nomor KTP saya karena saya membuka Rekening

                      bukan menggunakan KTP).

   Heru         : Baik pak, untuk proses transfer ada beberapa angka yg perlu bapak

                     masukkan, silahkan dicatat!

   saya         : (mencatat seperti yg dia sebutkan spt berikut ini):

                      pertama   013

                      Kedua      001598210

                      Ketiga      4101962313

  Heru          : (menyuruh menyebutkan ulang angka2 yg diberi untuk memastikan dan

                     saya pun menyebutkannya).Nah, untuk cara melakukan registrasi nanti

                     akan saya pandu langsung saat bapak sampai di ATM. untuk itu

                     sekarang bapak berapa jauh dari ATM?

  saya          : Kira-kira setengah jam.

  Heru          : klo bgitu sekarang bapak ke ATM, bawa HP bapak, nanti saat bapak

                     sampai di ATM hubungi saya  dengan saya Heru Purnomo setengah

                     jam lagi ke nomor ini (021-36477555).cukup jelas bapak fatiasa?











  Saya          : ini
batasnya sampai jam berapa?


  Heru          :
secepatnya pak, karena hadiah ini akan berlanjut terus ke pemenang ke 3, dan
kalau bapak

                     lewat, maka hadiah ini batal. Makanya sesegera mungkin sekarang
bapak ke ATM, langsung

                     akan saya pandu bapak disana, dan di ATM ngga lama-lama
hanya kira2 2 menit bapak sudah

                     langsung bisa cek 25 jutanya apa sudah masuk ke
rekening bapak atau belum. Untuk bisa tau

                     sudah atau belumnya, tinggal
jumlahkan dana bapak yg ada sekarang direkening, ada berapa

                     pak nilai
direkeningnya?

  Saya          :
(menyebutkan nilai/jumlah uang di rekening saya)

  Heru          : nah
tinggal ditambahkan dengan 25 jutanya.



  saya          : Oiya pak.

  Heru          : Ok pak saya tunggu setengah jam lagi. dengan saya heru purnomo

                     langsung dari gedung "Indosat" Jakarta, selamat pagi.





3. Langkah ke 3. Karena saya terlalu gembira,ada rasa penasaran sehingga timbul rasa ragu dgn pendapat operator 1. Karena rasa ragu tersebut saya coba hubungi operator lagi ke nomor "100" (tanpa tanda kutip). dialognya spt berikut:





  Saya          : Saya mo nanya, apakah nama "Indosat" sebagai pengirim SMS dapat ditiru oleh orang lain?











  Operator    : Nggak
bisa


  Saya          : maksud
saya bgini mbak, barusan saya mendapatkan SMS yg menyatakan bahwa saya


               mendapatkan hadiah 25 juta.


Operator    : dari
program apa?




Saya          : poin
plus-plus




Operator    :
pengirimnya?




Saya          : Indosat.




Operator    : itu
tipuan pak.




Saya          : tp itu
nomor pengirimnya atau asal SMS tsb nggak ada selain nama “indosat”?! saya
sudah 


                   coba “reply”, dan nomor yg dituju bukan nomor angka tetapi tulisan
“INDOSAT”.




Operator    : kalau
dari indosat nggak bisa direply/balas pak!




Saya          : saya
memang nggak balas, sampai disitu saya berhenti (nggak jadi kirim/reply).Tp
saya 


                    sudah coba hubungi nomor call center yg diberikan itu (021-36477555) dan
dia 


                    mengatakan  bahwa hadiah ini bebas pajak atau biaya apapun. Hadiah akan
langsung 


                    ditransfer kerekening. Saya hanya diberi 3 nomor yg katanya untuk registrasi
dan dia hanya 


                     minta nomor rekening dan KTP.




Operator    : bgini loh
pak, saat ini poin plus-plus Indosat nggak ada mengadakan undian atau 


                    membagi-bagi hadiah, dan TEKNOLOGI BISA-BISA SAJA kemungkinan 


                    melakukannya, 
jadi menurut saya abaikan saja SMS tsb. Itu adalah tipuan. Kalaupun 


                    indosat
memberikan hadiah, indosat akan mengirim surat resmi kealamat bapak.




Saya          : Tp
siapa tau Indosat telah mengirim kealamat KTP saya dan saya tidak tahu karena
saya 


                    tidak tinggal sesuai dengan alamat di KTP saya. Atau indosat mungkin telah
menghubungi 


                    saya pada jam kerja tp nggak masuk, karena pada jam kerja HP saya
matikan.




Operator    : “indosat”
akan mengumumkan lewat media cetak ataupun website indosat dan akan 


                    menghubungi
langsung, TIDAK DENGAN SMS. Dan mengklaim hadiahnnya juga di 


                    gallery-galery
indosat dan bukan dengan “transfer-transfer” seperti itu apalagi sampai minta 


                     nomor pin. Dan nomor-nomor yg dia beri itu adalah kode-kode untuk menarik
rekening  


                    bapak.




Saya          : Jadi
apa benar itu tipuan? (dan seterusnya hingga tutup, intinya operator mengatakan
bahwa 


                   itu penipuan).









4. Langkah ke 4. Saya masih belum puas dengan operator 2. Maka saya pergi
ke ATM. Dan setelah sampai di ATM, saya hubungi kembali 021-36477555
(penipu/Heru purnomo):









Saya          : saya
fatiasa




Heru          : oiya.
Bapak sudah didepan ATM atau masih antri?




Saya          : sudah
siap




Heru          : ok.
Sudah bawa nomor regeistrasi yg saya kasih tadi?




Saya          : sudah




Heru          :
sekarang masukkan kartu, pin. Apa yang muncul?




Saya          : angka
100, 200, 300, (dan seterusnya)




Heru          : tekan
transaksi lainnya!




Saya          : sudah




Heru          : apa yg
muncul?




Saya          : cek
saldo, penarikan jumlah lain, transfer, (dst)




Heru          : untuk
mengetahui dan dapat menjumlahkan nilai yg masuk, cek dulu saldo dengan menekan
“cek saldo”




Saya          : sudah




Heru          : apa yg
muncul?




Saya          : angka
saldo




Heru          : itu
adalah saldo bapak bisa bapak sebutkan angkanya?




Saya          :
(menyebutkan nilai yg ada)




Heru          : ok
sekarang tekan ya untuk kembali!




Saya          : sudah




Heru          : apa yg
muncul?




Saya          :
“masukkan pin”




Heru          : nah
masukkan pinnya sekali lagi.




Saya          : sudah




Heru          : apa yg
muncul?




Saya          :
100,200,300, (dst)




Heru          : tekan
“transaksi lainnya”!




Saya          : sudah




Heru          : apa yg
muncul?




Saya          : Cek
saldo, penarikan jumlah lain, transfer, (dst)




Heru          : na…h
karena hadiah ini mau ditransfer, bapak tinggal masukkan nomor registrasi tsb
tadi 


                    dengan menekan “TRANSFER”.




Saya          : sudah




Heru          : apa yg
muncul?




Saya          : ke BCA,
ke bank lain.




Heru          : untuk
ini, karena ini langsung dari indosat dan tidak tercantum disitu, maka tekan
aja “ke 


                   bank lain”




Saya          : sudah




Heru          : apa yg
muncul?




Saya          :
masukkan kode bank 3 angka.




Heru          : nah,
masukkan nomor registrasi pertama tadi yg 3 angka.




Saya          :
(matikan HP dan tekan “cancel” pada keyboard mesin, ambil kartu dan pergi)
















 Ok teman-teman sekalian demikianlah tindakan dan dialog saya
dalam proses klarifikasi ataupun konfirmasi sebuah SMS penipuan.














Letak penipuan SMS tersebut adalah kata:




 “TRANSFER”                            : kata ini adalah
perintah yang ada di ATM untuk kita melakukan 


                                                     pengiriman (transfer) uang dari rekening kita ke
rekening penipu 


                                                     tersebut. Jadi kita bukan menerima uang tapi MENGIRIM UANG.




013”                                           : adalah
angka kode bank tujuan pengiriman milik penipu. Jadi arahnya 


                                                     adalah uang
keluar/ditransfer DARI rekening kita KE rekening bank 


                                                     penipu dengan kode (013)
tersebut. Menurut info yg saya dapat 


                                                     bahwa bisa mungkin “bank permata”,  "bank metro express", “BPD bali”, BPD NTT”. 


                                                     Nama2 bank ini hanya perkiraan.









Klarifikasi:




Guna menghindari terjadinya kesalahpahaman atau
akibat/dampak/efek hukum, adapun maksud dan tujuan publikasi tulisan ini, bukan
untuk mendiskreditkan perusahaan2 yg tercantum didalamnya, akan tetapi untuk
menelanjangi/memperjelas cara-cara yg dilakukan oleh pelaku2 penipuan dengan
modus SMS seperti ini, dan mencegah jatuhnya korban. Nama-nama perusahaan tersebut hanya sebagai korban
pencatutan atau yg dimanfaatkan oleh pelaku penipuan tersebut.









Kesimpulan:


Sekarang nomor pengirim SMS-sms
penipuan seperti ini  yg muncul bukan lagi nomor Hp sperti biasa +62856123xxx,
tapi langsung nama salah satu operator seperti (Indosat, telkomsel,
exelcomindo, dll) atau nama-nama tertentu seperti “Presiden RI” (berulang tahun
kesekian), dan lain-lain. 








SARAN:


Silahkan peringatkan kepada keluarga, teman, saudara
anda untuk berhati-hati terhadap SMS seperti ini. Teknologi semakin canggih,
maka jangan mudah percaya suatu iming-iming tanpa melakukan verifikasi terlebih
dahulu.




 Saya mengikuti instruksi penipu bukan karena terhipnotis, melainkan karena rasa girang/sumringah yang terlalu meluap-luap, sehingga ingin memastikan apakah ia (penipu) akan memerintahkan menekan tombol "TRANSFER" tersebut ato nggak. karena saya memang sudah pernah mendengar penipuan di ATM seperti itu.


  Mungkin teman-teman sudah sering atau pernah mendengar/menerima SMS seperti ini (kolom 11) dan bukan seperti yang pada kolom 1 dan 2 dan 3, maka Postingan ini abaikan saja, mungkin berguna bagi yg belum pernah tau.


























Salam dariku:





Fati Ziliwu






1 komentar:

Kembali ke atas

Kembali ke atas