Jumat, 21 Agustus 2009

86. Setting Widget Mybloglog


Dulu saya pernah membahas bagaimana cara daftar serta mendapatkan widgetnya di sini, akan tetapi rupanya ada beberapa sobat yang masih bingung dan penasaran bagaimana cara setting widget agar yang tampak adalah hanya berupa photo saja seperti yang ada pada blog ini karena pada umumnya widget mybloglog adalah berbentuk horizontal dan terdapat nama-nama pemilik di masing-masing photonya. Yups.... saya akan mencoba membahasnya kembali.




Sekarang saya anggap sobat sudah menjadi anggota mybloglog dan hanya tinggal melakukan setting saja. Ikuti langkah-langkah berikut ini :





  1. Silahkan sign in dulu di mybloglog




  2. Jika sobat mempunyai beberapa blog yang di daftarkan dalam satu account, klik tombol Get Widgets yang berada di bawah gambar blog yang ingin di pasang widget




  3. Klik kotak kecil yang berada di samping tulisan c_color_heading_bg, pilih warna yang persis dengan background blog sobat pada gambar warna-warna sebelah atas.





  4. Klik kotak kecil di samping tulisan c_color_heading, yang ini merupakan warna tulisan Recent readers, silahkan pilih yang sobat inginkan




  5. Klik kotak kecil di samping tulisan c_color_link_bg, pilih warna yang persis dengan background blog sobat




  6. Klik kotak kecil di samping tulisan c_color_link, pilih warna yang di nginkan





  7. Klik kotak kecil di samping tulisan c_color_bottom_bg, pilih warna yang sesuai dengan background sobat




  8. Ubah nilai angka 180 yang berada pada kotak di samping tulisan Width dengan nilai lebar yang di inginkan (dalam pixel)




  9. Pilih radio button No, di samping tulisan Show Screen Names. Sekali lagi pilih No jangan Yes karena inilah yang membuat muncul tulisan nama pengunjung





  10. Pilih radio button Half-Size, di samping tulisan Image Size




  11. Pilih angka yang di inginkan pada menu dropdown di samping tulisan Rows, sebaiknya 5 saja agar tidak terlalu berat witgetnya.




  12. Ganti tulisan Recent Readers di samping tulisan Title dengan kata yang sobat inginkan, misal : pembaca terbaru, yang mampir, yang lewat, atau apa saja





  13. KLik tombol Preview and Get Code




  14. Copy kode yang ada lalu paste pada notepad untuk nanti di masukan ke dalam blog sobat




  15. Selesai.




Contoh hasil dari apa-apa yang saya terangkan coba lihat ke bagian samping kanan blog ini :



Jika sobat menginginkan gambar yang terbentuk adalah berupa gambar yang memanjang dengan foto-foto dalam ukuran yang besar, sobat hanya harus melakukan settingan yang berbeda pada langkah yang ke 8, 10 serta yang ke 11. Untuk langkah yang 8 sobat harus setting dengan ukuran yang lebar, contoh 700 pixel (biasanya widget ini akan di simpan di bagian footer blog). Untuk langkah yang ke 10 sobat harus memilih yang Full-Size agar gambar yang terbentuk adalah dalam ukuran besar. untuk langkah yang ke 11 sobat sebaiknya memilih angka 2 saja agar gambar yang di tampilkan dua baris saja. Untuk melihat contoh, bisa di lihat di sini !




Untuk memasukan kode mybloglog kedalam blog sobat, silahkan sobat baca kembali artikel yang terdahulu di sini ! dan satu catatan ringan saja akan tetapi sering di tanyakan adalah apabila sobat baru memasang widget mybloglog maka tidak akan terdapat photo-photo, photo-photo ini akan terbentuk apabila ada pengunjung blog sobat yang notabene sama-sama anggota dari mybloglog.



semoga artikel ini dapat mewakili dari kepenasaranan sobat.



Selamat mencoba !





Dari guru saya: Kang Rohman

0 komentar:

Posting Komentar

Kembali ke atas

Kembali ke atas