Sabtu, 22 Agustus 2009

39. Membuat Penggalan Artikel

Menanggapi pertanyaan sobat tanggo yang menanyakan perihal penggalan artikel dari rubrik elektronik yang katanya selalu muncul di atas posting artikel, maka dari itu kali ini saya akan membahas cara pembuatannya, barangkali ada dari sobat-sobat lainnya sama-sama tertarik atau kalau tidak tertarik, ya sekedar pengetahuan saja juga tidak ada ruginya kan.



Sebenarnya penggalan artikel di atas adalah bukanlah suatu tulisan hasil posting,
akan tetapi hanya berupa tulisan biasa yang ujung kalimatnya di beri link untuk menuju ke artikel sebenarnya yakni artikel yang terdapat pada blog rubrik elektronik. Maksud pemasangan penggalan kalimat itu sebenarnya untuk membawa para pembaca ke blog saya yang satu lagi yaitu Rubrik Elektronik tadi, soalnya itu blog kan ada iklan google adsense nya, nah barangkali saja ada diantara para sobat sekalian yang mau berbaik hati meng klik iklan google adsense milik saya cuma hiks.... hiks masih dikit yang mau klik iklan aku tapi ga apa-apa berarti belum rezekinya (berarti ga ikhlas donk bikin tutorialnya kalo gitu / weith..... maaf bukan begitu maksud saya, jadi ga enak hati nih ).




Untuk membuat penggalan artikel seperti diatas, langkah pertama adalah mengcopy sebagian kalimat yang mau kita link, yang kedua adalah mencatat address dari artikel tersebut, nah ujung dari kalimat tersebut kita buatkan link. Agar tidak terlalu membingungkan saya beri contoh. Misalkan address dari artikel yang mau saya pasang linknya adalah sebagai berikut :



http://rubrik-elektronik.blogspot.com/2007/04/electronic-shopping.html



Isi dari penggalan kalimatnya adalah sebagai berikut :




Electronic Shopping



Many Indonesians were still believing that products that in marketed overseas his quality was far more better than products that in marketed in the country. Around them many that were deliberate went overseas only a to shop. You some among them?





Maka kode yang kita buat adalah sebagai berikut :







<span style="color:#FD8403"><font size="6">Electronic Shopping</font></span>


<hr width="100%" align="left">



<br/>


Many Indonesians were still believing that products that in marketed overseas his quality was far more better than products that in marketed in the country. Around them many that were deliberate went overseas only a to shop. You some among them? <a href="http://rubrik-elektronik.blogspot.com/2007/04/electronic-shopping.html"><b>...Read more...</b></a>



<hr width="90%" align="left">


<br/>





Kode tersebut hasilnya akan seperti ini :




Electronic Shopping




Many Indonesians were still believing that products that in marketed overseas his quality was far more better than products that in marketed in the country. Around them many that were deliberate went overseas only a to shop. You some among them? ...Read more...






Biar lebih faham, sedikit saya uraikan :



<span style="color:#FD8403"> ..... </span> --> ini adalah kode untuk merubah warna text. #FD8403 merupakan kode warna orange.


<font size="6">.......</font>< --> ini adalah kode untuk menampilkan huruf dalam ukuran font 6 (ukuran besar)



<hr width="100%" align="left"> --> ini adalah kode untuk membuat garis sebesar 100% dari lebarnya halaman blog yang dimulai dari tepi kiri.


<br/> --> kode untuk membuat suatu kalimat pindah ke bawah sebesar satu line break.




Mudah-mudahan keterangan diatas dapat di pahami. Setelah kita membuat kode seperti yang di terangkan diatas, tugas selanjutnya yaitu memasukan kode tersebut kedalam blog. Tentunya ada perbedaan cara memasukan kode antara template klasik dengan template baru. Silahkan ikuti langkah-langkahnya :



Untuk template klasik :






  • Sign in di blogger dengan id sobat






  • Klik menu Template





  • Klik menu Edit HTML





  • Copy seluruh kode HTML yang ada, kemudian save di komputer sobat. Ini untuk backup data apabila terjadi kesalahan dalam proses editting template





  • Cari kode seperti di bawah ini :







  • <div class="post"><a name="<$BlogItemNumber$>"></a>


    <BlogItemTitle>






    Tempatkan kode yang telah kita buat tadi persis diatas kode diatas, sehingga kodenya menjadi :







    <span style="color:#FD8403"><font size="6">Electronic Shopping</font></span>


    <hr width="100%" align="left">



    <br/>


    Many Indonesians were still believing that products that in marketed overseas his quality was far more better than products that in marketed in the country. Around them many that were deliberate went overseas only a to shop. You some among them? <a href="http://rubrik-elektronik.blogspot.com/2007/04/electronic-shopping.html"><b>...Read more...</b></a>



    <hr width="90%" align="left">


    <br/>


    <div class="post"><a name="<$BlogItemNumber$>"></a>


    <BlogItemTitle>








  • Klik tombol Preview untuk melihat perubahan yang baru di lakukan





  • Apabila sudah OK, klik tombol save Template Changes





  • Selesai.




  • Catatan : cara di atas tentunya merujuk kepada template asli buatan blogger.com, bagi pengguna template bukan buatan blogger tentu akan lain, yang perlu di ingat yaitu penempatan kode penggalan artikel adalah persis diatas kode untuk Posting artikel.





    Untuk template baru :





  • Sign In di blogger dengan id sobat





  • Klik menu Layout





  • Klik menu Page Elements





  • Klik Add a Page Element






  • Klik tulisan ADD TO BLOG yang berada di bawah tulisan HTML/JavaScript





  • Copy paste kode penggalan artikel yang telah kita buat tadi





  • Klik tombol SAVE CHANGES





  • Klik kotak element yang baru di buat, tahan kemudian pindahkan di atas kotak yang bertuliskan Blog post (di drag & drop)






  • Klik tulisan View Blog untuk melihat hasil dari penambahan kode tadi





  • Bila sudah OK, klik tombol SAVE





  • Selesai.





  • Bagaimana penjelasannya sobat? mudah-mudahan dapat di pahami. Selamat mencoba !



    Copy paste dari: Kang Rohman

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Kembali ke atas

    Kembali ke atas