Minggu, 23 Agustus 2009

25. Perlunya IE dan FireFox

Topik ini saya tulis bermula dari pengalaman saya beberapa bulan yang lalu. Sekarang saya mau flash back sebentar mudah-mudahan tidak membosankan. Ceritanya begini para sobat, di kantor tempat saya bekerja sekarang nih mempunyai beberapa buah komputer, yaitu buat orang-orang bagian akunting, resepsionis, teknisi, serta si bos sendiri. Ya kalo di itung-itung ada 8 buah komputer. Dari dulu, yang namanya browser internet pasti saya selalu memakai Internet Explorer dari Microsoft, tidak pernah browser yang lain.



Saat itu pekerjaan rada dikit, tentunya saya bisa sedikit bersantai ria. Iseng-iseng
saya pinjem tuh kompi nya si mba tukang akunting temen saya, mau liat technorati barangkali ada yang nge link baru ke blog saya.
setelah di buka ntuh kompi, eh saya lihat ada dua browser dalam ntuh kompi yaitu Internet Explorer plus Mozilla FireFox. Wah nyobain ah pake FireFox, katanya sih lebih cepat dan aman di banding dengan Internet Explorer yakni si FireFox ini lebih
kebal terhadap virus-virus semacam Trojan dan teman-temannya.




Aku buka deh langsung ntuh si FireFox, hasilnya lumayan emang rada cepet sih, tapi kayanya rada - rada ada yang beda pada tampilan gambarnya, aku hiraukan saja ga mau mikir panjang-panjang and langsung aja ke www.technorati mau cek yang nge -link ke blog saya. Sesudah di cek, benar saja ada yang pasang link baru tanpa memberi tahu, aku langsung aja di klik ntuh linknya, betapa kagetnya daku saat itu, lho ko gambarnya begini acak-acakan nih blog ada gambarnya yang kepinggir, melorot dan lain sebagai, pokoknya pemandangan yang tidak mengasikan, apa pemilik blog ini ga sadar
apa, blognya ancur begitu. Setelah kejadian yang kurang mengenakan tadi, buru-buru deh aku lihat blog ku, takutnya kaya kejadian tadi. Hasilnya sedikit melegakan, wah untung blogku tidak berantakan, cuma ada sedikit perbedaan saja. Karena penasaran, aku tutup tuh si FireFox dan langsung buka browser pake IE, dan aku balik lagi ke blog yang berantakan tadi, dan ternyata hasilnya sungguh mengherankan juga, yang tadinya aku lihat di FireFox sangat berantakan kalo di lihat pake IE sangat tersusun rapi dan menarik.



Itu tadi pengalaman pertama, pengalaman yang kedua, aku pake IE seperti biasa. yah yang namanya blogger musti rajin-rajin blog walking biar banyak temen. ceritanya saya mampir di suatu blog, wah ini blog berantakan banget (menurut saya lho). Trus baca-baca tuh isi blog, eh ada sedikit artikel dari sang pemilik blog itu sendiri, sedikit penggalan isi artikel tersebut kira-kira ada kata-kata begini :
Buset deh, kebiasaan pake FireFox pas dilihatdi IE, blog ku ancur begini ya.



Menanggapi dua pengalaman tadi, saya mempunyai kesimpulan bahwa sebaiknya bagi para blogger mempunyai banyak browser internet dalam satu komputer, ini tentunya untuk memaksimalkan hasil dari blog kita, terutama bagi para sobat yang blognya berupa blog untuk bisnis, satu pengunjung ke blog sobat, berati satu peluang untuk mendapatkan keuntungan. Nah jika blog para sobat tidak menarik karena sebab tadi dari
perbedaan pemakaian browser, tentunya jangankan mau membaca artikel penawaran bisnis dari sobat baru sampaipun langsung kabur. Ingat, di luar sana ribuan orang atau bahkan jutaan orang memakai browser yang berbeda dengan kita, maka itu tadi sobat harus mempunyai banyak browser pada komputer sobat, minimal dua browser paling terkenal di dunia yakni Internet Explorer dan Mozilla FireFox.



Bagi para sobat pengguna template buatan bukan dari blogger sendiri, coba cek blog sobat, barangkali blog sobat berantakan kalau di lihat di browser lain. Bagi para sobat pecinta program HTML text berjalan <marquee>, hati-hati karena program ini tidak di mengerti oleh FireFox, jadi jika sobat menyimpan text terlalu banyak dalam marquee, jangan-jangan blog sobat jadi melorot atau melebar kesamping karena kelebihan quota space. Bagi yang suka pake kode <BLINK> untuk mengedipkan hurup buat narik perhatian pengunjung, kode sobat tidak di mengerti oleh IE tapi di mengerti oleh FireFox. Tentunya dari masing-masing Browser ada kelebihan dan kekurangannya, ya pandai-pandailah kita mensiasatinya.





Kalau di baca-baca, kayanya artikel kali ini bukan blog tutorial ya, lebih cenderung ke tips gitu. biarin aja ya, supaya ga bosen baca tutorial terus, cari yang beda gitu. Oke, thanks ya sobat, selamat mendownload FireFox nya.



Dari blog master: Kang Rohman

0 komentar:

Posting Komentar

Kembali ke atas

Kembali ke atas