Minggu, 23 Agustus 2009

21. HTML Tutorial

Bagi kawan-kawan yang sudah pernah berkunjung ke blog ini, mungkin tahu bahwa hari ini blog ku ada banyak perubahan, yo'i.. yang tadinya sangat anti gambar sekarang tiba-tiba jadi lautan gambar, coba saja lirik kebawah, tadinya banner yang terpasang hanya beberapa buah saja tapi sekarang jadi ngebaris kaya tentara mau berangkat perang. Yups..tadinya cuma iseng-iseng masukin banner dari teman-teman blog lain, eh keterusan.. ya udah sekarang semua gambar dari feedburner.com aku masukin semua..sekalian biar rame..




Dan mulai hari ini topik bahsan pun akan ada sedikit perubahan, yakni ga cuma ngebahas blog tutorial doank tapi ngebahas juga soal HTML, ini saya lakukan karena ada diantara sahabat saya yang hoby obrak-abrik template blognya tapi masih menemui kesulitan karena masih bingung soal perintah-perintah HTML, ya ngga jauhlah dari saya yang setiap edit HTMl musti inga inga dulu perintah HTML nya ma'lum baru belajar jadi belum pada hapal.





Baiklah sobat, kita kembali ke (laptop) bahasan utama artikel ini yaitu mengenai HTML.



Apa itu HTML ?



HTML (Hypertext Markup Language)adalah merupakan suatu standar bahasa program yang di gunakan untuk menampilkan dokumen-dokumen web. (itu menurut saya bro, kalo salah ya mohon di maafkan).




  • Mengenal Tag HTML




  • Perintah-perintah dalam HTML biasa di sebut dengan TAG. TAG ini kebanyakan mempunyai pasangan, yakni TAG pembuka dan penutup. Misal <b>...</b>, <i>...</i> dan lain sebagainya, dan TAG yang mempunyai pasangan ini juga bersifat Override yakni dapat menimpa fungsi TAG sebelumnya. Contoh : sebuah teks yang sudah di buat miring oleh tag <i> ... </i>, dapat di timpa oleh tag <b> ... </b> sehingga akan melahirkan dua hasil perintah yang berbeda sekaligus yakni kombinasi hurup miring dan hurup tebal, contoh :




    ini hanya <b><i>contoh </i></b> saja sobat



    yang akan tampil di browser adalah :




    ini hanya contoh saja sobat





    di samping TAG yang mempunyai pasangan, ada juga tag yang tidak memerlukan pasangan, misal TAG <hr> , <br> , ataupun <input>



    Sebuah Tag tidaklah sensitif terhadap Case (hurup besar atau kecil), jadi mau di tulis hurup besar ataupun huruf kecil akan menghasilkan fungsi yang sama. Sebagai contoh : fungsi Tag <b>....</b> akan sama dengan Tag <B> ....</B>.




  • Struktur dokumen HTML





  • Sebuah dokumen HTML terbagi kedalam tiga bagian utama, yakni HTML, HEAD, serta BODY.






    HTML





    Sebuah dokumen HTML haruslah diawali dengan tag <HTML> dan di tutup dengan </HTML>, Tag ini adalah sarana untuk memberikan informasi kepada browser bahwa apa-apa yang di tulis di dalamnya merupakan sebuah dokumen HTML.



    HEAD



    Bagian header dari sebuah dokumen HTML diawali oleh tag <HEAD> dan di tutup oleh tag </HEAD>, dan di dalam header di isi pula dengan tag title yakni judul dari dokumen, tag title ini di tulis dengan tag pembuka <TITLE> dan di tutup oleh tag </TITLE>, contoh : title dari blog ini adalah Blog Tutorial jadi untuk tittle nya di tulis seperti ini <TITLE> Blog Tutorial </TITLE>, akan tetapi di blogger.com untuk penulisan title tidak harus di tulis langsung pada tag title karena sudah di otomatisasi, alamatnya yaitu <$BlogPageTitle$>. Dalam pengisian title ini seyogya nya jangan asal-asalan, karena title merupakan hal pertama yang di lihat oleh search engine.




    Di dalam Header pun di isi pula dengan tag META, tag META ditulis dengan tag <META>, tag META ini biasanya memuat informasi mengenai dokumen HTML. dengan tag META kita bisa menentukan keyword, content,refresh, dan lainnya sebagainya. Khusus tentang tag META keyword akan di bahas lebih lanjut pada postingan selanjutnya.



    BODY



    Semua dokumen HTML yang di simpan di dalam BODY semisal teks, image, link, dan lain sebagainya akan di tampilakan dan bisa di lihat di dalam browser.



    Ok sahabat, mungkin pengenalan pertama mengenai HTML di cukupkan sekian dulu dan akan di teruskan pada postingan-postingan selanjutnya





    Dari blog master: Kang Rohman

    2 komentar:

    1. heheheh..benar2 bermanfaat habis bagi pemula seperti saya..thanks yah mas..

      BalasHapus
    2. thx mas atas infonya..mas, kalo pengen blog kita di datangi pengunjung caranya gmn?? soalnya aku bingung neh. .maklum msh pemula..

      BalasHapus

    Kembali ke atas

    Kembali ke atas