Jumat, 24 Juli 2009

231. Tips menghindari Paypal kena limit akses



paypalBagi pebisnis online ataupun blogger siapa yang tidak kenal dengan Paypal, Paypal merupakan sarana utama di transaksi financial di internet. Seiring berjalannya waktu maka jumlah pengguna jasa layanan Paypal semakin bertambah banyak saja yang menimbulkan sisi positif dan negatifnya. Nah kalau pada sisi positif pasti kita semua sudah tahu, sisi negatifnya adalah ada beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab dengan berbagai cara menyusup ke account paypal orang lain demi kepentingan meraka sendiri. Tentu ini sangat merugikan bagi si pengguna Paypal.
Paypal mengclaim bahwa mereka memiliki system keamanan yang sangat aman. Tapi percayalah tak ada yang sempurna didunia ini selalu ada saja celah yang bisa diterobos. Tak ada sistem yang semurna tanpa cacat.
Berikut adalah bebera cara untuk melindungi account paypal yang saya dapat dari pengalaman saya sendiri. Walaupun begitu saya tidak mencamin paypal anda akan aman dari limit akses yang bikin repot ini.
  1. Ubahlah Passeword Paypal anda setiap 1 bulan sekali. Janganlah menggunakan pasword yang gampang di tebak gunakan kombinasi huruf dan angka.
  2. Setiap menerima email dari paypal pastikan bahwa header nya adalah benar-benar www.paypal.com
  3. Kalau bisa jangan mengakses dari warnet tapi memang tidak ada jalan lain mengakses Paypal dari warnet ingat beberapa tips berikut (artikel saya sebelumnya).
  4. Paypal tidak pernah menanyakan password kepada membernya, jadi waspadailah jika ada pesan seperti ini masuk ke email anda.
  5. Email resmi dari paypal biasanya tertera nama depan dan nama belakang anda. Tapi jika sumber yang yang tidak jelas biasanya diawali dengan kata Dear paypal Member atau Dear paypal User.
  6. Paypal juga tidak pernah mengirimkan email kepada membernya yang beriisi suatu file attachment. Yang mungkin saja berupa file virus untuk mengakses email anda.
  7. Email palsu biasanya menanyakan detail anda berupa no kartu kredit anda, account pasword atau pin anda.
  8. Jika anda memberikan email seperti yang saya jelaskan diatas maka yang perlu anda lakukan adalah reply email tersebut ke alamat email : spoof@paypal.com kemudian dilanjutkan dengan menghapus email tersebut dari mailbox anda.
  9. Jangan pernah membuka atau menerima email yang mencurigakan. karena biasanya penjahat lebih cerdik dari polisi.
  10. Pastikan anda menggunakan perangkat software antivirus dan firewall bagi komputer anda.
  11. Jika masih membutuhkan bantuan dari user lain lihat dibagian Forum
    http://www.paypalindonesia.com/diskusi.html
Sumber: Alfon

0 komentar:

Posting Komentar

Kembali ke atas

Kembali ke atas